Cara Menjelaskan tentang Putro

Forum sebagai salah satu sarana Gosok Ginosok yang dilandasi semangat dalam menjalani Laku Kapribaden "Laku Kasampurnan Manunggal Kinantenan Sarwo Mijil".
Forum rules
Forum sebagai salah satu sarana Gosok Ginosok yang dilandasi semangat dalam menjalani Laku Kapribaden "Laku Kasampurnan Manunggal Kinantenan Sarwo Mijil".
Post Reply
adie saputro
Posts: 8
Joined: Fri Sep 26, 2008 11:09 am
Contact:

Cara Menjelaskan tentang Putro

Post by adie saputro »

Rahayu

Saya punya pertanyaan bagaimana cara menjelaskan kepada orang lain , dalam hal ini saya lagi pdkt dengan cewek dan dia bisa di bilang taat pada agamanya, Nah bagaimana saya menjelaskan kepadanya bahwa saya adalah putro supaya dia mengerti dan pdkt saya lancar. Mohon bantuannya kepada para kadhang sedoyo

matur suwun.
adie saputro
Posts: 8
Joined: Fri Sep 26, 2008 11:09 am
Contact:

Re: Cara Menjelaskan tentang Putro

Post by adie saputro »

rahayu sedoyo mawon

Setelah sekian lama pdkt ternyata baru saya ketahui beberapa waktu lalu, kenyataannya adalah dia sudah bersuami. :o
Dengan kabar tersebut saya nyatakan forum ini saya tutup. :ugeek:

Terimakasih atas perhatiannya
retnogunawan
Posts: 10
Joined: Thu Sep 18, 2008 3:28 pm

Re: Cara Menjelaskan tentang Putro

Post by retnogunawan »

Oalah.....aya-aya wae mas adie ini.... :lol:
Jadi komentar deh saya..he..he..he...

Mas Adie....
Menurut pengalaman saya sebagai Putro ROMO, dulu waktu sedang cari jodoh, maka sejak awal saya sadari bahwa tidak mudah untuk mencari jodoh yang sama-sama Putro ROMO ataupun sama2 penghayat kepercayaan (walau beda kepercayaan).
Tapi disamping kriteria2 calon suami yang saya harapkan, saya juga mensyaratkan bahwa calon suami saya itu mau menerima saya berikut keyakinan saya dan tidak melarang saya untuk tetap menjalaninya ketika sudah menikah.
Selanjutnya saya serahkan kepada MOHO SUCI dan saya percaya bahwa suatu saat akan diberikan jodoh untuk saya.
Eh, malah MOHO SUCI kasih jodohnya cepet sekali karena umur 21 tahun saya sudah menikah dengan suami saya sampai sekarang ini.

Jadi kalau ketemu gadis yang pas dihati (dan tidak punya suami tentunya), jangan takut untuk mengatakan yg sebenarnya tentang keyakinan kita.
Kalau ternyata dia dan keluarganya tidak mau menerima kita apa adanya, ya berarti belum jodoh.

Okey, semoga cepet dapet jodoh yang sesuai dari MOHO SUCI ya....
Selamat berjuang...he..he.. :P

Rahayu,
Retno Gun
ssuhartono
Posts: 71
Joined: Mon Apr 14, 2008 5:08 pm

Re: Cara Menjelaskan tentang Putro

Post by ssuhartono »

Cara menjelaskan tentang Putro Romo.

Menambahkan apa yang sudah disampaikan oleh Mbak Retno cara menjelaskan tentang Putro Romo. Memang tidak mudah dan tidak banyak orang yang berani menjelaskan tentang laku kita sebagai Penghayat Kepercayaan kepada orang lain, terlebih kalau berkaitan dengan hal yang kita anggap sangat penting terhadap diri kita, mis : kepada pacar, kepada tetangga, teman-teman atau atasan tempat kita bekerja.

Saya punya pengalaman pribadi ketika saya tes wawancara untuk masuk kerja sekitar 25 tahun yang lalu, saya berterus terang mengatakan saya penghayat kepercayaan, saat itu belum ada UU Adminduk yang mengakomodir penghayat kepercayaan, tetapi saya merasa tidak punya beban, tidak merasa takut untuk tidak diterima, saya berserah diri kepada Gusti Ingkang Moho Suci. Justru mereka banyak bertanya tentang penghayat kepercayaan, bahkan ada yang minta diperagakan dan minta diterjemahkan ke dalam bahasa Indonesia. Saya yakin saat itu saya peserta seleksi pegawai satu satunya penghayat kepercayaan, ternyata saya lulus seleksi dan sampai sekarang walaupun berulang kali ada krisis ekonomi yang terpaksa mengurangi pegawainya, saya tetap mendapat pengayoman tetap masih bekerja di perusahaan yang sama. Dalam hal ini sebenarnya saya diberi bukti bahwa dalam segala hal kalau kita sungguh-sungguh tekad dan pasrahnya kepada Moho Suci, maka Moho Suci akan memberikan anugrah dan pengayoman kepada kita.

Yang tidak kalah pentingnya untuk menjelaskan kepada siapapun, pacar, tetangga, teman sekerja atasan bahwa kita adalah penghayat kepercayaan sebenarnya bukan dengan kata-kata tetapi dengan ucapan, perbuatan dan komitmen kita. Apapun yang diucapkan mahanani tentramnya orang lain, apapun yang dilakukan selalu menyenangkan orang lain, serta menepati janji, antara ucapan dan perbuatan sama. Makin baik ucapan, perbuatan dan komitmen kita makin baik pula simpati orang lain kepada kita.

Jadikanlah kehidupan kita sehari-hari yang enak maupun yang tidak enak, yang menyenangkan ataupun tidak merupakan sarana latihan sehingga ucapan, perbuatan dan komitmen kita makin baik.

Kalau ada yang ingin berbagi pengalaman pribadi atau menambahkan saya sangat berterimakasih.

Salam Rahayu
Suprih Suhartono.
adie saputro
Posts: 8
Joined: Fri Sep 26, 2008 11:09 am
Contact:

Re: Cara Menjelaskan tentang Putro

Post by adie saputro »

Salam Rahayu

Terima kasih atas tanggapan dari kadang sepuh tentang unek-unek dari saya,
Akan saya jadikan masukan yang berarti bagi kehidupan saya. ;)

Mungkin ada kadang lain yang ingin menambahkan, Monggo...
joko sukisno
Posts: 7
Joined: Fri May 02, 2008 9:01 pm

Re: Cara Menjelaskan tentang Putro

Post by joko sukisno »

Rahayu.....
Menarik juga baca ceritanya mas adi.....saya menyadari bahwa yang terpenting sebenarnya bisa menangkap makna nya artinya ada saja penghalang dalam lisan maupun keadaan yang sebenarnya, terus terang saya mengalami sendiri hal itu secara lisan orang udah banyak komentar jangan dengan orang itu eh nekat malah terus kurang yakin bikin saji satriyo sampai sekian hari nanti akan ada jawaban dan jawabannya malah lebih menyakitkan....masih gak terima....lalu sadar kata kata bapak Dr. Wahyono dahulu....manusia sebenarnya tidak butuh dicintai tetapi butuh mencintai....dan terbukti yang mencintai sangat tulus bahkan berkorban serta ikhlas untuk tidak memiliki....hebat kan?

Rahayu
Post Reply