Kapribaden Header
Home Romo Herucokro Semono Kapribaden Organisasi Pengalaman Sejati Tanya Jawab F.A.Q. Kontak
 
Home » Tanya Jawab » Asal usul manusia & kalau patrap sangat sulit berkonsentrasi, tips ?
 
   
 

Pertanyaan dari : Sdr. Riyo Dellando

Rahayu,

Saya mau tanya asal usul manusia itu bagaimana ?
Lalu kenapa kita kalau patrap itu sangat sulit berkonsentrasi, mungkin anda punya tips yang bermanfaat bagi saya.

Terima kasih.


Jawab :


Rahayu Sdr. Riyo,

  1. Mengenai asal-usul manusia menurut Kapribaden dapat dibaca pada penjelasan mengenai MANUSIA di dalam Buku Hidup Bahagia Yang Diakhiri dengan Mencapai Kasampurnan Jati tulisan Alm. Dr. Wahyono Raharjo, GSW. yang ada di website ini.
  1. Mengenai “patrap” yang menurut anda sangat sulit berkonsentrasi, maka perlu kami jelaskan disini bahwa dalam menjalankan Laku di Kapribaden kita jangan terpaku pada sikap “Patrap” dan “Konsentrasi di dalam Patrap” .

    • Hal ini perlu kami tekankan karena “patrap” hanyalah sarana latihan dalam menjalani Laku Kapribaden. Ketika kita latihan menjalani Laku dengan “Patrap Kunci / Mijil” maka kita tidak berkonsetrasi dalam arti memusatkan pikiran tetapi justru harus “heneng” (memberhentikan kerja otak dan panca indra) sampai dalam kondisi “hening” (pikiran kosong / tidak merasa ada).
    • Biasanya kondisi “hening” ini hanya berlangsung singkat, bahkan mungkin hanya sepersekian detik saja. Ketika otak dan panca indra kita mulai bekerja lagi (mis : mendengar, mencium bau, merasakan keadaan sekeliling, dll), maka artinya kita sudah tidak “hening” lagi.
    • Perlu latihan yang teratur maka nanti anda akan dapat merasakan “RASA YANG SEBENARNYA YAITU RASA SEJATI DARI YANG MENGHIDUPI KITA”, bukan angan-angan.

Demikian semoga penjelasan ini dapat menjawab pertanyaan Anda. Apabila masih belum jelas atau ada pertanyaan lain, silahkan untuk kirim email lagi.
Terima kasih atas perhatian Anda.

Rahayu.

 

 
Anda Pengunjung Ke : 683234
Copyright © 2005-2008 Kapribaden - V.1. All rights reserved.